JUST FOR YOU

Menjadi Sub Agent di AstianaGT Super Murah! Cocok Buat Kamu Mahasiswa

Bagi kamu yang kebetulan sedang mencari penghasilan sampingan, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan menjadi sub agent , lho . Dengan...

Tuesday, 19 February 2019

Sulit Menabung? Berikut 4 Tips Menabung Ala AstianaGT


Hai sobat AGT. Pernah gak sih kalian berniat untuk menabung namun entah kenapa niat tersebut selalu gagal? Kamu tidak sendirian, kok. Banyak yang mengalami hal serupa. Nah, semoga tips berikut ini dapat membantu kamu ya agar bisa menabung sedikit demi sedikit.

#1 Pisahkan Uangmu Sekarang Juga

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan uangmu sesuai dengan kebutuhan, misal uang khusus transportasi, khusus jajan, khusus bayar listrik, khusus makan, dan tentunya... uang khusus untuk kamu tabung. Jika kamu tidak memisahkan uangmu seperti itu kamu tidak akan tahu uangmu terpakai untuk apa saja hingga akhirnya gagal deh menabung.

Hal yang perlu kamu perhatikan juga, ketika kamu berniat menabung, kamu perlu membuat rekening khusus untuk tabungan saja. Di luar dari itu, kamu sebaiknya menggunakan rekening lain. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kebablasan memakai isi rekeningmu. Apalagi sekarang belanja online semakin digemari. Ditambah dengan keberadaan mobile banking yang mempermudah kamu saat ingin melakukan transaksi online maka wajib bagimu menggunakan rekening lebih dari satu.

Ketika kamu berniat menabung namun tetap memakai satu rekening saja, kamu akan cenderung lupa bahwa sebagian uang yang ada di dalam rekeningmu itu ternyata adalah tabungan yang semestinya tidak dapat diganggu gugat. Namun jika kamu memang dapat mengendalikan diri, tidak masalah kok meski hanya memakai satu rekening saja.

Oh iya, adapun rekening khusus untuk tabungan, kamu sebaiknya memakai jenis tabungan yang tidak ada potongan tiap bulannya ya, sobat.

#2 Sisipkan Uang Secara Rutin

Selain mengandalkan rekening, kamu juga perlu menggunakan metode tradisional, yaitu menggunakan celengan. Dengan adanya celengan tersebut, kamu bisa menyisipkan uang setiap hari. Nominalnya tidak harus besar kok, asal rutin. Misal setiap hari kamu menyisipkan uang lima ribu rupiah, maka dalam sebulan celengan kamu akan terisi seratus lima puluh ribu rupiah. Itu baru lima ribu rupiah per hari lho. Bagaimana dengan sepuluh ribu per hari? Dalam sebulan kamu akan berhasil mengumpulkan sebesar tiga ratus ribu. 

Kamu tidak harus mentok di lima ribu atau sepuluh ribu. Jika kamu mempunyai uang berlebih, tidak ada salahnya kan celengan kamu diisi dengan uang dua puluh ribu atau lima puluh ribu rupiah. Nominal tidak masalah, yang penting kamu mesti rutin mengisi celenganmu.

Sedikit-sedikit lama lama jadi gunung.

#3 Jangan Remehkan the Power of Uang Koin

Uang koin terkadang masih dianggap remeh. Apalagi yang pecahan seratus atau dua ratus rupiah. Pernah gak sih ketika kamu berbelanja di minimarket, semisal Indomaret atau Alfamart, kamu mendapat kembalian dalam bentuk uang koin? Ayo, biasa uang koinnya kamu taruh di mana? 

Coba deh bayangkan, jika untuk satu kali transaksi kamu mendapat kembalian tiga ratus rupiah maka dalam sebulan tiga ratus rupiah itu akan menjadi sembilan ribu rupiah. Ini cuma contoh ya, sobat.

Mulai sekarang, kamu mesti menyimpan baik-baik uang koinmu. Tidak ada salahnya kamu memasukkannya ke celengan. 

#4 Belanja Seperlunya Saja

Nah yang terakhir, jika kamu memang ingin menabung, maka kamu juga perlu memperhatikan pengeluaranmu. Kamu mesti berhemat. Belanja seperlunya saja. Utamakan kebutuhan ketimbang keinginan. Apa saja yang termasuk kebutuhan? Misal biaya makan, kebutuhan harian seperti sabun mandi, odol, sampo, dan juga biaya transportasi. Sementara keinginan itu sesuatu yang sebenarnya tidak urgent tapi tetap kamu beli. Bahkan terkadang setelah kamu membelinya, kamu malah menyesal. Pernah mengalami hal tersebut?

Mulai sekarang kamu perlu bijak dalam menggunakan uangmu  ya, sobat.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang selama ini kesulitan menabung.