JUST FOR YOU

Menjadi Sub Agent di AstianaGT Super Murah! Cocok Buat Kamu Mahasiswa

Bagi kamu yang kebetulan sedang mencari penghasilan sampingan, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan menjadi sub agent , lho . Dengan...

Thursday, 30 August 2018

Jangan Takut Menghadapi Masalah! Masalah itu Anugerah, Guys. Ini 3 Alasannya

menghadapi-masalah

Mengapa kebanyakan dari kita tidak melihat masalah sebagai kesempatan dalam keseharian kita?

Hal itu dikarenakan kita tidak dididik untuk menghargai masalah. Kita dididik bahwa masalah adalah sesuatu yang harus dihindari, atau sesuatu yang harus dikeluhkan.

Kutipan di atas merupakan kalimat pembuka dari salah satu bab pada buku yang ditulis oleh Tina L. Seelig, berjudul What I Wish I Knew When I Was 20 (Yang Seharusnya Aku Tahu di Usia 20).

Dilihat dari kacamata umum, tidak dapat dipungkiri bahwa kita menganggap masalah merupakan sesuatu yang buruk dan perlu dihindari. Hal ini membuat kita cenderung khawatir pada hal-hal yang sebenarnya belum terjadi, misal sebagai mahasiswa, kamu berencana memulai sebuah bisnis kecil-kecilan, namun kamu khawatir ke depannya bisnismu tidak berjalan lancar atau gagal. Kamu takut menghadapi masalah seperti itu. Padahal, memulai bisnis saja belum, baru sekedar rencana, tapi kamu sudah diliputi berbagai pikiran negatif hanya dikarenakan kamu takut menghadapi masalah di kemudian hari.

Jangan khawatir. Memiliki pandangan seperti itu terhadap masalah merupakan sesuatu yang normal. Hanya saja, jika kamu tetap mempertahankan pola pikir seperti itu, tidak menutup kemungkinan kamu akan kesulitan berkembang, lho, guys.

Coba deh mulai sekarang mari melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda. Terutama bagi kamu yang gemar dengan tantangan, masalah sebenarnya merupakan teman perjalanan yang sangat cocok buatmu karena akan melatihmu untuk menemukan solusi dari sebuah permasalahan.


Untuk lebih jelasnya, berikut 3 alasan mengapa kamu seharusnya menganggap masalah sebagai sesuatu yang positif. Disimak, yuk.

#1 Masalah membuat hidup menjadi lebih mudah
masalah-membuat-hidup-lebih-baik

Eh? Masalah membuat hidup menjadi lebih mudah? No way! Tidak mungkin!

Kamu mungkin termasuk orang yang berpikir seperti di atas. Jika benar, harap dipertimbangkan kembali karena semua kenyamanan yang kamu rasakan saat ini, mulai dari industri pakaian, kesehatan, hingga teknologi, semua didasari oleh permasalahan sehari-hari yang dihadapi manusia di masa-masa sebelumnya.

Sebagai contoh, pada zaman Victoria, gaya berpakaian kaum wanitanya terbilang anggun dan unik. Mereka terbiasa mengenakan gaun dengan bagian pinggang yang sangat ramping pada acara formal, seperti jamuan makan malam atau pesta dansa.
busana-zaman-victoria
Busana kaum hawa zaman Victoria via  HistoryExtra

Hanya saja, model pakaian seperti itu memiliki resiko berbahaya bagi pemakainya karena sangat menyiksa. Berdasarkan sejarah, terdapat sekitar 3.000 wanita Victoria yang telah menjadi korban dari model pakaian masa itu dikarenakan memakai crinoline sebagai dalaman.
Crinoline era Victoria via howstuffworks

Nah, beruntung deh sekarang model pakaian yang umum digunakan tidak seribet pakaian zaman Victoria.

Sama halnya dengan perkembangan di dunia medis, jika saja ilmu bedah belum ditemukan hingga saat ini, bisa kamu bayangkan apa yang akan terjadi? Dapat diprediksikan angka kematian pasti  semakin besar. 

Maka berterima kasihlah pada Abu al-Qasim Khalaf ibn al-Abbas Al-Zahrawi (936 M - 1013 M) yang telah menemukan dasar-dasar ilmu bedah modern. Pihak Barat mengenalnya sebagai Abulcasis Al-Zahrawi.
abu-al-qasim-khalaf-ibn-al-abbas-al-zahrawi-pencetus-ilmu-bedah-modern
Abu al-Qasim Khalaf ibn al-Abbas al-Zahrawi via muslimheritage

Begitu juga dengan perkembangan di dunia penerbangan, jika saja Abbas Ibn Firnas, seorang matematikawan, astronom, fisikawan, dan ahli penerbangan muslim, tidak memperkenalkan prinsip-prinsip penerbangan pada abad ke-9, maka mungkin hingga saat ini kita belum mengenal pesawat terbang.

Banyak yang beranggapan bahwa manusia pertama yang berhasil terbang adalah Orville dan  Wilbur Wright bersaudara asal Amerika Serikat pada tahun 1903, padahal satu milenium sebelumnya, Abbas Ibn Firnas asal Andalusia (sekarang disebut Ronda), Spanyol, telah lebih dulu tercatat sebagai manusia pertama yang sukses terbang pada tahun 852.
abbas-ibn-firnas-pilot-pertama-di-dunia
Abbas ibn Firnas sang pilot pertama via artmajeur
Sama halnya dengan perkembangan Internet saat ini, jika bukan didasari oleh Profesor Leonard Kleinrock, seorang profesor Ilmu Komputer di UCLA (University of California, Los Angeles), yang membuat komputer host-nya menjadi simpul pertama Internet pada bulan September 1969, kemudian melakukan transmisi pesan pertama melewati Internet pada bulan Oktober, 1969, maka kita tidak akan memiliki akses Internet semudah sekarang.
profesor-leonard-kleinrock-penemu-internet
Profesor Leonard Kleinrock via UCLA

Semua hal-hal hebat yang berhasil ditemukan hingga saat ini selalu didasari oleh suatu permasalahan. Dengan adanya masalah, maka solusi menjadi jawabannya. Dengan adanya solusi, hidup menjadi lebih mudah.

#2 Masalah membuatmu menjadi kreatif
masalah-membuatmu-lebih-kreatif

Masih berhubungan dengan poin pertama, dengan adanya masalah, mau tidak mau kamu akan terdorong untuk mencari solusinya, bukan? Memang sih tidak mudah dan juga terkadang sangat melelahkan, serta ada saatnya membuatmu ingin menyerah. Tapi bagaimanapun juga, lawan dari masalah adalah solusi. 

Pada proses pencarian solusi inilah kamu akan lebih intens berpikir sehingga berbagai ide pun akan mulai bermunculan di kepalamu, mulai dari ide-ide yang normal hingga ide-ide yang terbilang tidak masuk akal. 

Kamu tidak perlu cemas akan dianggap gila dengan ide-ide unikmu karena banyak pendahulu kita yang juga dianggap gila di zamannya, namun ternyata idenya merupakan solusi yang paling banyak digunakan oleh manusia hingga saat ini. 

Sebagai contoh, pada awalnya keberadaan televisi dianggap sebelah mata oleh para investor. Lee de Forest, pada 1926, mengatakan  bahwa meskipun secara teoritis dan teknis televisi bisa dibuat, namun secara komersial, ini merupakan sesuatu yang mustahil. Namun lihat sekarang, hampir di setiap rumah pasti terdapat televisi, bukan? 

Contoh lainnya adalah keberadaan jaringan 4G. Sebagian besar smartphone, modem, dan berbagai komponen komputer saat ini dapat menggunakan jaringan 4G, kan. Semua itu tidak terlepas dari jasa tokoh yang satu ini, yaitu Khoirul Anwar.

Pada awalnya, Khoirul Anwar ditertawakan oleh para ilmuwan Jepang dan Australia. Idenya dianggap sampah. Namun beliau tidak menyerah dan kembali memaparkan ide yang sama di Amerika Serikat. Barulah idenya mendapat sambutan luar biasa dan berhasil dipatenkan. Saat ini idenya tersebut dikenal dengan 4G LTE (Fourth Generation Long Term Evolution) dan telah dinikmati oleh umat manusia. Berkat beliau, komunikasi menjadi semakin stabil.
Dr.-khoirul-anwar-penemu-jaringan-4g
Dr. Khoirul Anwar via republika

Begitu juga dengan kamu, tidak menutup kemungkinan masalah yang sedang kamu hadapi saat ini akan menghasilkan solusi cemerlang, bukan hanya bermanfaat untuk kamu, tapi juga orang lain.

#3 Dengan adanya masalah, kamu menjadi kuat
masalah-membuatmu-lebih-kuat

Hal ini tidaklah berlebihan karena semakin sering kamu menghadapi masalah, baik masalah asmara, finansial, pendidikan, dan sebagainya, kamu akan semakin percaya diri dan lancar dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kamu tidak akan mudah down dan mentalmu akan terlatih menjadi sekeras baja.

Sebenarnya masalah merupakan kesempatan emas bagimu, jika saja kamu ingin memandangnya dari sudut pandang yang berbeda. Semakin banyak masalah yang kamu hadapi, semakin besar peluangmu menjadi sang penakluk.

Ingat, terkadang hidup ini kejam. Oleh karena itu, ada saatnya kamu perlu menjadi seorang penakluk dalam kehidupan ini.

Semoga bermanfaat.