JUST FOR YOU

Menjadi Sub Agent di AstianaGT Super Murah! Cocok Buat Kamu Mahasiswa

Bagi kamu yang kebetulan sedang mencari penghasilan sampingan, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan menjadi sub agent , lho . Dengan...

Monday, 27 August 2018

Gunakan Waktumu Dengan Bijak, Mahasiswa! Berikut 4 Alasan Mengapa Kamu Seharusnya Kuliah Sambil Kerja

kuliah-sambil-kerja
Kuliah sambil kerja? Kenapa Tidak?
Sebagai mahasiswa, kamu diharuskan belajar mandiri. Namun, bukan berarti kamu tidak membutuhkan bantuan orangtuamu lagi. Kamu tetap perlu bantuan mereka, terutama dalam hal finansial, hanya saja pada fase ini kamu semestinya mulai keluar dari zona nyamanmu.

Jika di masa sekolah dulu kamu belum terbiasa mencuci pakaian kotormu sendiri, maka sebagai  mahasiswa mulailah melakukannya seorang diri. Ada baiknya kamu tidak memakai jasa laundry supaya kamu bisa merasakan sensasi mencuci itu seperti apa.

Jika di masa sekolah dulu kamu terbiasa hidup boros, maka sebagai mahasiswa mulailah melatih dirimu untuk hemat dan menabung.

Akan ada banyak hal yang berubah di saat kamu menjadi mahasiswa. Apalagi jika kamu jauh dari orangtua dan tinggal di kos-kosan. Mau tidak mau kamu harus mengurus dirimu sendiri, mulai dari urusan makan, kebutuhan pribadi, hingga pada akhirnya kamu mesti mengatur finansialmu juga.

Tentu saja kamu belum bisa sepenuhnya mandiri secara finansial, namun bukan berarti kamu tidak bisa memiliki penghasilan sendiri sembari menjalankan kewajibanmu sebagai mahasiswa, yaitu belajar dan menjadi sarjana. Lagian bekerja sambil kuliah juga sebenarnya termasuk dari belajar, sih.

Kuliah sambil kerja bukan sesuatu yang mustahil, lho. Jangan khawatir dengan kuliahmu yang bakalan terabaikan. Selama kamu bisa mengatur waktumu dengan baik dan menjaga kesehatanmu, kamu pasti bisa menjalankan kedua-duanya dengan baik.

Nah,untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 alasan mengapa kamu seharusnya kuliah sambil kerja, guys. Disimak, ya.

#1 Alasan paling pertama, supaya kamu terlatih mandiri, guys
memasuki-dunia-kerja-meski-masih-kuliah
Bekerja paruh waktu memberimu kesempatan memasuki dunia yang (hampir) sebenarnya

Lingkungan kuliah dan kerja itu berbeda. Dengan memiliki pekerjaan sembari kuliah, kamu akan memasuki dunia yang (hampir) sebenarnya, dimana kamu akan dihadapkan oleh beragam karakter dan situasi. Pada masa inilah waktu yang paling tepat buat kamu mencari pengalaman sebanyak mungkin sehingga ketika kamu telah lulus kemudian memasuki lingkungan kerja secara utuh, kamu tidak perlu mengalami culture shock lagi.

#2 Terlatih Mengatur Waktu dengan Bijak
Bekerja paruh waktu membuatmu terlatih mengatur waktu

Jika kamu kuliah sambil kerja, mau tidak mau kamu akan terdorong untuk mengatur waktumu agar kuliah dan pekerjaanmu tidak terabaikan.

Jika sebelumnya kamu terbiasa begadang untuk sesuatu yang kurang bermanfaat, dengan bekerja kamu akan berpikir dua kali jika ingin begadang, mengingat kamu harus kuliah kemudian masuk kerja. Jika kamu tetap mempertahankan kebiasaan begadangmu, kamu pasti akan kelelahan, dan akan berdampak juga ke kesehatanmu.

Hal ini juga berlaku pada tugas kuliahmu. Jika sebelumnya kamu terbiasa menunda-nunda waktu menyelesaikan tugas yang diberikan dosen, dengan memiliki pekerjaan sampingan kamu pasti terdorong untuk segera menyelesaikan tugas tersebut supaya kamu dapat fokus bekerja setelahnya.


#3 Persaingan hidup kian ketat, guys
persaingan-semakin-ketat
Persaingan semakin ketat, lho

Ya, benar. Persaingan hidup kini semakin ketat. Sama halnya dengan mendapatkan pekerjaan impian, juga tidak mudah. Makanya, selagi masih berstatus mahasiswa kamu mesti memahami hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menghadapi persaingan yang lebih serius setelah kamu lulus.

Dengan bekerja paruh waktu, kamu bisa mempersiapkan diri jauh hari supaya kamu terbiasa menghadapi orang lain, terbiasa berada dalam tekanan berat, serta memiliki banyak pengalaman ketimbang teman-teman seusiamu yang tidak bekerja.

#4 Mengurangi Beban Orangtua dan buat mereka bangga
mandiri-membuat-orangtuamu-bangga
Bekerja membuatmu mandiri, dan mandiri membuat orangtuamu bangga

Ini benar adanya. Jika kamu bekerja paruh waktu otomatis kamu turut membantu mengurangi beban orangtuamu. Memang sih gaji yang kamu dapatkan belum seberapa. Namun paling tidak, dengan gaji tersebut kamu bisa gunakan untuk membayar tagihan listrik, pajak kendaraan, kebutuhan sehari-hari, ataupun untuk ditabung, jaga-jaga jika kamu butuh dana secara mendadak.

Dengan bekerja paruh waktu, kamu juga akan membuat orangtuamu bangga, karena ini membuktikan bahwa kamu telah dewasa.


Itulah, 4 alasan mengapa kamu seharusnya mempertimbangkan bekerja paruh waktu sembari menjalankan kewajibanmu sebagai mahasiswa. Waktu sangat singkat, guys. Tanpa kamu sadari semua berlalu dengan sangat cepat. Gunakan waktu yang ada secara bijak. Jangan sampai kamu menyesal, lho

Serius deh. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan jika kuliah sambil kerja. Bagaimana menurut kamu?