JUST FOR YOU

Menjadi Sub Agent di AstianaGT Super Murah! Cocok Buat Kamu Mahasiswa

Bagi kamu yang kebetulan sedang mencari penghasilan sampingan, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan menjadi sub agent , lho . Dengan...

Monday, 13 August 2018

5 Destinasi Wisata di Palembang : Tuan Rumah Asian Games 2018

Tidak lama lagi Asian Games 2018 akan diselenggarakan di salah satu kota besar di Indonesia, yaitu Palembang, Sumatera Selatan. Tentunya Palembang akan menjadi pusat destinasi bagi para atlet, wisatawan lokal, dan wisatawan mancanegara.

Ada banyak destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi di kota yang terkenal dengan hidangan pempeknya ini, di antaranya 5 destinasi wisata berikut ini yang telah AstianaGT rangkum hanya untuk kamu:

#1 Jembatan Ampera

5 Destinasi Wisata di Palembang : Tuan Rumah Asian Games 2018 www.astianagt.com
source
Jembatan Ampera merupakan ikon kota Palembang. Jika kamu mencari artikel seputar objek wisata kota Palempang di internet, sebagian besar pasti merekomendasikan jembatan sepanjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini.

Jembatan Ampera, yang pada awalnya diberi nama Jembatan Bung Karno, dibangun pada April 1962 setelah mendapat persetujuan presiden pertama Indonesia, yaitu Soekarno, kemudian diresmikan pada tahun 1965. Jembatan ini merupakan jembatan terpasang di Asia Tenggara pada saat itu, menghubungkan 2 daerah, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Llir yang terpisah karena adanya Sungai Musi.

#2 Bukit Siguntang

5 Destinasi Wisata di Palembang : Tuan Rumah Asian Games 2018 www.astianagt.com
source
Bukit Siguntang merupakan sebuah bukit kecil, setinggi 30 meter di atas permukaan laut, dan berjarak hanya sekitar 3 kilometer dari tepian utara sungai musi. Bukit ini dianggap sakral oleh masyarakat Palembang karena diyakini sebagai makam para leluhur warga setempat.

Tidak hanya itu, berdasarkan beberapa temuan kuno, berupa artefak yang bernuansa buddhisme, disimpulkan bahwa dulunya Bukit Siguntang merupakan kawasan beribadah kerajaan pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Ada yang menarik pada Bukit Siguntang ini, yaitu adanya kepercayaan bahwa di bukit inilah lokasi pertama kalinya muncul Sang Sapurba, keturunan Iskandar Zulkarnain, yang kemudian hari menurunkan raja-raja Melayu di Sumatera, Kalimantan Barat, dan Semanjung Malaya (kitab Sulatus Salatin).

#3 Pulau Kemaro
5 Destinasi wisata di palembang pulau kemaro astianagt
Pulau Kemaro via tribunnews.com

Pulau yang berlokasi di tengah sungai Musi dan berjarak 6 kilometer dari Jembatan Ampera ini memiliki sejarah yang menarik.

Menurut legenda, pada zaman dahulu terdapat seorang putri Palembang bernama Siti Fatimah. Kemudian datang seorang pangeran dari Negeri Cina bernama Tan Bun An dengan tujuan berdagang. Ketika sang pangeran bertemu dengan sang putri, keduanya langsung saling jatuh cinta. Mereka pun ingin segera melangsungkan pernikahan. Tan Bun An mengajak Siti Fatimah ke kampung halamannya di Cina untuk bertemu orangtua sang pangeran. Sekembalinya dari sana, mereka diberi 7 guci yang berisi emas. Sesampainya di muara sungai Musi, Tan Bun An ingin melihat emas-emas tersebut. Ia pun membuka ketujuh guji tersebut, namun tidak menemukan emas, melainkan sayuran sawi asin. Kecewa, Tan Bun An langsung membuang guci-guci itu ke sungai, tetapi guci ketujuh jatuh di atas dek kapal dan pecah. 

Alangkah kagetnya ternyata di dalam guci tersebut terdapat emas. Tanpa berpikir panjang, ia pun langsung terjun ke dalam sungai untuk mengambil kembali keenam guci yang telah dibuangnya. Seorang pengawalnya juga ikut terjun, namun keduanya tidak kunjung kembali. Siti Fatimah kemudian menyusul terjun ke sungai.

Untuk mengenang mereka bertiga maka dibangunlah kuil dan makam di Pulau Kemaro. Pulau ini juga selalu ramai pengunjung tiap Tahun Baru Imlek.

#4 Masjid Agung Palembang
destinasi wisata palembang masjid agung sultan mahmud badaruddin I astianagt
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I via  kgsismail7
Masjid Agung Palembang atau biasa disebut Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I merupakan mesjid terbesar di Palembang dan menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Masjid ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Jaya Wikrama pada abad ke-18 dan memiliki 3 pengaruh arsitektur, yaitu Indonesia, Cina, dan Eropa. Bentuk arsitektur Eropa dapat dilihat dari pintu masuk di gedung masjid yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur Cina dapat kamu lihat dari masjid utama yang atapnya tampak seperti kelenteng.

Adapun bentuk masjid saat ini merupakan hasil renovasi tahun 2000 hingga 2003 yang kemudian diresmikan oleh Megawati Soekarnoputri.

#5 Air Terjun Bidadari
destinasi wisata palembang air terjun bidadari astianagt
Air Terjun Bidadari via sharetempatwisata
Air Terjun Bidadari juga memiliki nama lain, yaitu Air Terjun Ayek Asem. Air terjun ini memiliki daya tarik berupa pemandangan yang sedap dipandang serta suasana sekitar yang membuat hati menjadi damai.

Air Terjun Bidadari ini berlokasi 231 kilometer dari kota Palembang, dapat ditempuh dengan menggunakan motor maupun mobil. Adapun harga tiket masuk ke air terjun ini sekitar Rp. 5.000 saja.