JUST FOR YOU

Menjadi Sub Agent di AstianaGT Super Murah! Cocok Buat Kamu Mahasiswa

Bagi kamu yang kebetulan sedang mencari penghasilan sampingan, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan menjadi sub agent , lho . Dengan...

Tuesday, 28 August 2018

4 Sumber Penghasilan Mahasiswa yang Jarang Dipraktekkan

uang-jajan-tambahan

Pengen punya uang jajan tambahan, nih. Bagaimana caranya, ya.

Sebagai mahasiswa kamu belum dapat dikatakan mandiri secara finansial karena masih berharap kiriman dari orangtua. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai mencari cara agar bisa mendapat uang jajan tambahan.

Sebenarnya ada banyak ide yang dapat kamu coba untuk menambah uang jajan, misal bekerja paruh waktu. Namun tidak semua mahasiswa siap bekerja paruh waktu. 

Oleh karena itu, AstianaGT telah menyiapkan 4 ide sumber penghasilan mahasiswa yang bisa kamu coba. Ide-ide berikut ini terbilang cukup jarang dipraktekkan dengan alasan... jarang terpikirkan oleh mahasiswa. Apa saja itu? Yuk, disimak.

#1 Jualan pakaian bekas (layak pakai)
jualan-pakaian-bekas-layak-pakai
Jualan pakaian bebas bisa memberimu tambahan uang jajan, lho

Nah, terkadang kamu mempunyai pakaian yang tidak kamu gunakan lagi, tapi bingung mau diapakan. Daripada menumpuk di lemari, kenapa tidak kamu uangkan saja?

Selagi pakaian tersebut masih layak pakai, kamu bisa kok menjualnya dengan kisaran harga Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000. Lumayan, kan? Kamu cukup mengiklankannya saja melalui internet. Sebaiknya sih buat iklan di situs olx.co.id atau kamu juga bisa membuat blog khusus untuk pakaian yang ingin kamu jual.

#2 Jualan buku
jual-buku-bekas
Daripada dimakan rayap, mending bukumu diuangkan saja

Sama dengan poin pertama, ini juga masih seputar barang bekas. Jika kamu kebetulan memiliki buku dan memang tidak kamu gunakan lagi, mending kamu jual saja sebelum rusak dimakan rayap. Kamu bebas menjual buku apa saja, bisa novel, komik, buku motivasi, buku desain grafis, bahkan buku kuliah yang tidak kamu gunakan lagi juga bisa kamu jual, lho.  Ide ini sudah sering saya terapkan dan hasilnya lumayan, lho.

Jika harga buku yang kamu beli dulunya sekitar Rp. 50.000, maka kamu bisa menjualnya kembali dengan harga sekitaran Rp. 30.000 - Rp. 40.000. Harganya harus lebih murah karena kan buku bekas. Beda ceritanya jika buku yang ingin kamu jual sudah tidak diproduksi lagi dan ternyata masih banyak yang membutuhkannya, maka kamu bisa kok menjualnya dengan harga tinggi.


 #3 Antar Jemput teman
jasa-antar-jemput-teman
Jasa antar jemput teman

Ini mirip seperti jasa Gojek atau Grab, hanya saja kamu tidak perlu sampai bergabung di komunitas tersebut. Jika kebetulan kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu bisa menawarkan ke teman-temanmu jasa antar jemput. Bisa saja ada yang membutuhkannya. 

Rute pengantarannya juga tidak perlu yang ribet. Cukup antar jemput dari kampus ke kos-kosan. Tarif yang kamu berikan juga mesti lebih murah dari online driver. Misal dalam sebulan kamu menghabiskan uang sekitar Rp. 100.000 hanya untuk bensin, maka tarif antar jemputmu bisa kamu patok dengan harga Rp. 160.000 hingga Rp. 200.000 per bulan (jika kamu ingin dibayar per bulan). 

Lumayan, lho.

#4 Desain Grafis
jasa-desain-grafis
Manfaatkan hobimu di desain grafis

Jika kamu memiliki minat di bidang desain grafis dan desain-desainmu terbilang layak untuk dipakai di event-event kampus dan komunitas, kamu bisa kok membuka jasa desain grafis, seperti desain logo, spanduk, brosur, poster, kartu nama, dan sebagainya.

Tarif yang kamu berikan bisa mulai dari Rp. 50.000. Modal yang kamu butuhkan hanyalah laptop atau komputer, serta software sejenis Corel Draw. Bagaimana?

Sebenarnya masih ada banyak ide yang dapat kamu coba. Jangan ragu untuk memulai, ya.